Bawaslu Kabupaten Mesuji Mulai Lakukan Perekrutan Panwascam Pilkada 2024

MesujiTempo.com//Mesuji(Lampung)
Bawaslu Mesuji mulai lakukan perekrutan Panwascam Pilkada 2024
di Kantor Bawaslu Mesuji, desa Berabasan, Kecamatan Tanjung Raya pada Senin (29/4/2024).

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mesuji, Provinsi Lampung mulai melakukan tahapan perekrutan panitia pengawas pemilu kecamatan (panwascam) yang akan bertugas di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua Bawaslu Mesuji’ Deden Cahyono saat dikonfirmasi awak media mengatakan perekrutan Panwascam Pilkada berbeda dengan perekrutan Panwascam Pemilu 2024.

“Pada perekrutan Panwascam Pilkada menggunakan dua metode yaitu existing atau evaluasi untuk Panwascam yang pernah bekerja di Pemilu 2024 dan pembukaan pendaftar baru,” katanya.

Panwascam ada 19 orang yang sudah menyerahkan berkas dan ada 19 orang yang dinyatakan lulus pemberkasan.

“Dan pada saat ikut tes pengisian formulir penilaian kinerja ada 19 orang setelah mereka melakukan tes kinerja dan tes portofolio baru hasilnya dilakukan penilaian,” Ujar Deden.

Hal itu dilakukan untuk menilai siapa saja yang perlu dipertahankan dan tidak setelah menjadi Panwascam pada Pemilu 2024,”

Setelah selesai, pihaknya akan mengumumkan siapa saja yang lulus paling lambat 2 Mei dan selanjutnya akan dibuka pendaftaran untuk pendaftar baru.

“Kita nilai dari 19 orang ini, secara kinerja baik maka dia akan kita loloskan. Mana yang kinerja yang kurang baik akan kita coret,” Ujarnya.

Apabila saat menjadi Panwascam Pemilu bekerja kurang baik atau pada saat rekapitulasi menyisakan residu dan ketidakpercayaan publik. Maka hal tersebut akan dijadikan bahan pertimbangan untuk dipertahankan atau tidak.

Adapun untuk perekrutan pendaftar baru, akan dibuka pada 3-5 Mei. Pada saat itulah para pendaftar baru bisa mendaftarkan dirinya untuk menjadi Panwascam Pilkada 2024.

“Kalau mekanisme pemilihan yang barukan pakai computer assisted test (CAT). Itu kemampuan mutlak calon, kedua wawancara bagaimana kita menilai kompetensi, kepribadian, integritas, dan juga profesionalitas. Kita pilih orang terbaiklah,” tegas Ketua Bawaslu Mesuji. (Ferdi/Kuntum)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *