Direktur Pangan dan Pertanian Kementerian PPN/Bappenas dan Kepala Biro Kementerian Pertanian Kunjungi Mesuji

Mesuji Tempo // Mesuji (Lampung)
Pemerintah Kabupaten Mesuji Kembali Melaksanan Panen Raya Padi, Jumat ( 17/03/2023 ).

Acara Panen Raya Kali ini Tampak Berbeda Karena di Hadiri Oleh Direktur Pangan dan Pertanian Kementerian PPN/Bappenas Dan Kepala Biro Kementerian Pertanian Republik Indonesia Dr.Saefudin. S.P, M.Si ( Kepala Biro Perencanaan ) dan Noor Avianto, SP, M.Agr ( Koordinator Perencana Ahli Madya ).

Dalam sambutannya Penjabat Bupati Mesuji Drs.Sulpakar, MM yang diwakili Oleh Sekda Kabupaten Mesuji Syamsudin, S.Sos mengucapkan selamat datang kepada Bapak Noor Avianto, S.P, M.Agr dan Bapak Dr. Saefudin, S.P, M.Si. Semoga dengan kedatangan bapak dapat membawa angin segar bagi kemajuan di Bidang pertanian dan Pangan di Kabupaten Mesuji.

Syamsudin menjelaskan, sebagai informasi Kabupaten Mesuji memiliki luas wilayah 2.184 KM2 yang terdiri dari 7 Kecamatan dan 105 Desa memiliki potensi besar dalam bidang pertanian dan perikanan untuk mendukung program ketahanan pangan nasional.

Hal ini dapat terlihat dari Indeks Ketahanan Pangan Kabupaten Mesuji sebesar 85,62 menduduki peringkat ke- 28 Nasional dan peringkat ke- 2 di Provinsi Lampung. Kabupaten Mesuji juga merupakan salah satu lokasi top prioritas ketahanan iklim sektor pertanian.

“Potensi pertanian Kabupaten Mesuji juga didukung oleh sektor irigasi baik Pusat maupun Kabupaten. Daerah Irigasi kewenangan Pemerintah Kabupaten Mesuji sebanyak 26 Daerah Irigasi yang terdiri dari 8 irigasi permukaan dan 18 irigasi rawa dengan total luas baku 15.078 Ha. Sementara Daerah Irigasi kewenangan Pemerintah Pusat yaitu Daerah Irigasi Rawa (DIR) Rawa Jitu untuk Kabupaten Mesuji 9.280 Ha dan Daerah Irigasi Rawa (DIR) Mesuji Atas seluas 16.328 Ha,” terangnya.

“Oleh sebab itu, kami mohon dukungannya kepada pihak Kementerian PPN/Bappenas RI dan Kementerian Pertanian untuk Kabupaten Mesuji ditetapkan sebagai Lokasi Prioritas Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tematik Kawasan Sentra Produksi Pangan (KSPP). Semoga maksud dan tujuan dari kegiatan yang kita lakukan hari ini, dapat mempercepat upaya kita dalam memajukan dan mensejahterakan masyarakat di Kabupaten Mesuji,” ungkapnya.

Dalam Sambutannya Noor Avianto Menyampaikan Terima Kasih yang luar biasa kepada pemerintah kabupaten Mesuji atas Penyambutan kedatangan kami dari bandara hingga sampai di kabupaten Mesuji dan lokasi kegiatan acara.

Untuk merencanakan Pembangunan Nasional tentunya hal ini di hasilkan dan diturunkan dari tingkat Provinsi kemudian ke tingkat Kabupaten, dan kunjungan seperti ini harus dilakukan untuk melihat secara langsung kondisi yang ada di lapangan, seperti yang ada di kabupaten Mesuji Hasil Produksi Padinya luar biasa dan padi yang dihasilkan bagus namun Pengangkutan hasil panen tersebut yang menjadi kendala dengan tidak adanya akses transportasi jalan yang mendukung untuk mengangkut hasil panen tersebut.

Noor menambahkan, diperlukan empat hal yang harus di lengkapi pertama perumusan bersama dari kawan kawan kementerian terkait Kabupaten Mana yang dapat melengkapi unsur yang telah di tentukan, selanjutnya dokumen data pendukung yang harus di lengkapi ketiga kriteria teknis yang di siapkan dan di penuhi oleh semua sektor yang ada baik dari pertanian, perikanan dan Dinas PU dan yang terakhir adanya koordinasi yang baik sehingga kelengkapan serta kekurangan yang harus di lengkapi dapat segera di buat dan di tindak lanjuti apabila kabupaten sudah mendapatkan DAK tersebut maka tidak bisa di alihkan ke kabupaten lainnya.

Dr. Saefudin menambahkan Bahwa hasil kunjungan kami di kabupaten Mesuji hari ini akan kami laporkan ke pimpinan di Jakarta dan akan kami bahas dengan Tim, mudah mudahan Hasil dan Kabar baik dapat di terima oleh kabupaten Mesuji.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Kabupaten Mesuji, Kajari Mesuji atau yang mewakili, Kapolres Mesuji, Dandim 0426 Tuba atau yang mewakili Staf ahli, Asisten, Kepala OPD Kab.Mesuj, Camat Mesuji Timur, Camat Mesuji, Camat Rawa Jitu Utara, Kepala Desa, Gapoktan dan Tamu Undangan. ((Diskominfo Mesuji))

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *