KPU RI Gelar Bimtek Sirekap atau Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Elektronik Upaya Mencegah Adanya Manipulasi Suara Pemilu 2024

Mesujitempo.com//Jakarta
Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Rekapitulasi hasil perhitungan perolahan suara dan penetapan perolehan kursi serta calon terpilih dalam pemilu serentak tahun 2024 yang laksanakan di Jakarta, minggu (04/02/2024).

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh kpu provinsi dan kabupaten/kota seIndonesia di jakarta sejak Tgl 2-5 februari 2024 , untuk kpu provinsi lampung di hadiri ketua Erwan Bustami sh. Mh dan kadiv teknis Ismanto.S.Th.I,sedangkan kabupaten mesuji di hadiri ketua Ali yasir. St dan kadiv teknis Imani. S.Pd.I.

Sa’at dikonfirmasi melalui Pesan WhatsApp Ketua KPU Mesuji mengatakan kami disini menghadiri Bimbingan teknis ini berbentuk aplikasi Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) atau rekapitulasi hasil penghitungan suara elektronik sebagai upaya mencegah adanya manipulasi suara pada Pemilihan Umum 2024, yang digelar oleh KPU RI.

Adapun aplikasi Sirekap merupakan alat bantu penyelenggara dalam melakukan rekapitulasi hasil penghitungan suara di TPS.

Melalui pemanfaatan aplikasi Sirekap ini akan mempermudah pemungutan suara, rekapitulasi penghitungan suara, dan sosialisasinya terintegrasi di info pemilu serta hasilnya lebih transparan,”Jelas Ali Yasir.

Kami KPU kabupaten diberikan pelatihan pemantapan untuk pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan sirekap dan selanjutnya akan melaksanakan Bimtek Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia pemungutan Suara (PPS),” Ujar Ketua KPU Mesuji. (Red)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *