Polres Mesuji Melaksanakan Simulasi PAM TPS Sangat Rawan di Lanjutkan Pendistribusian Surat Suara Ke Kantor PPK dalam Rangka Oprasi Mantab Brata Krakatau 2024

Mesujitempo.com//Mesuji(Lampung)
Jajaran Polres Mesuji melaksanakan Simulasi PAM TPS Sangat Rawan di Lanjutkan Pendistribusian Surat Suara ke Kantor PPK di Desa Tanjung Mas Rejo, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji, Jumat (02/02/24)

Kapolres Mesuji AKBP Ade Hermanto S.H, S.IK, CPHR menjelaskan Hari ini Jajaran Polres Mesuji melaksanakan Simulasi PAM TPS yang sangat rawan saat pencoblosan Surat Suara bertempat di Desa Tanjung Mas Rejo, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji.

Simulasi bertujuan memberikan pengamanan TPS saat masyarakat melakukan pencoblosan dan di lanjutkan dengan pengamanan surat suara ke kantor PPK Kecamatan Mesuji Timur agar surat suara aman, lancar dan selamat, saat di guyur hujan nantinya.

Lebih lanjut Jelas Kapolres, adapun simulasi di asumsikan pada Hari Rabu Tanggal 14 Februari 2024 Cuaca di Desa Tanjung Mas Rejo Sangat Cerah dan Kita saksikan bersama kegiatan pemungutan suara Pemilu 2024 di TPS Murai Desa Tanjung Mas Rejo sedang berlangsung.

Kemudian saat Waktu menunjukkan Pukul 12.30 Wib, terlihat 4 Orang Pemilih menggunakan 2 Unit Roda Dua, datang ke TPS Murai hendak melakukan pencoblosan, proses berjalan dengan Aman dan lancar tanpa ada kendala.

Di tengah proses pemungutan suara pada Pukul 13.00 Wib, tiba tiba cuaca berubah drastis dan turun hujan yang sangat lebat di sertai angin kencang dan di lanjutkan dengan proses penghitungan suara.

Pada Pukul 16.30 Wib, proses penghitungan suara di TPS telah selesai di laksanakan, dan akan di lanjutkan pengiriman surat suara ke kantor PPK Kecamatan Mesuji Timur. Mengingat kondisi cuaca di TPS Murai hujan deras, ketua KPPS pun berkoordinasi dengan petugas PAM TPS Murai.

Kemudian petugas PAM TPS menghubungi Kapolsek Mesuji Timur untuk meminta bantuan perlengkapan guna mengirimkan kotak suara ke kantor PPK Kecamatan Mesuji Timur.

Lalu Kapolsek Mesuji Timur menghubungi Kabag Ops Polres Mesuji untuk meminta bantuan perlengkapan yang di butuhkan petugas PAM TPS Murai, Menerima laporan dari Kapolsek, Kabag Ops Polres Mesuji segera menghubungi Kasat Samapta Polres Mesuji untuk mengirimkan Perlengkapan yang di butuhkan.

Mendapat perintah dari Kabag Ops, Kasat Samapta menghubungi KBO Samapta untuk mempersiapkan perlengkapan yang di butuhkan berupa Rompi Pelampung 7 Buah, Sepatu Boot 7 Pasang, Jas Hujan 7 Buah, Plastik Besar Untuk Kotak Suara 1 Buah, dan 1 Unit Perahu, dan segera mengirimkan ke TPS Murai Desa Tanjung Mas Rejo.

Sesampai di Desa Tanjung Mas Rejo Kecamatan Mesuji Timur, kendaraan yang membawa perlengkapan tidak dapat masuk ke jalur TPS Murai, kemudian KBO Samapta bersama 4 Anggota lainnya melanjutkan dengan berjalan kaki, yang berjarak kurang lebih 1 KM, dengan membawa perlengkapan menuju TPS Murai.

Setelah sampai di TPS Murai, KBO Samapta menyerahkan perlengkapan yang di butuhkan, kemudian petugas PAM dan Petugas KPPS membungkus kotak suara menggunakan plastik besar dan mengikatkan ke pelampung yang sudah di siapkan, serta tak lupa petugas juga memakai rompi pelampung serta jas Hujan.

Setelah semua persiapan selesai dilakukan, petugas PAM bersiap untuk menuju dermaga sungai Mesuji dengan berjalan kaki, mengingat kondisi Medan jalan yang tidak bisa di lalui kendaraan Roda 2 maupun Roda 4 akibat di guyur hujan yang sangat deras.

Sesampai di dermaga petugas PAM memindahkan Kotak Suara ke atas perahu yang akan di gunakan untuk mengirim kotak suara ke kantor PPK Kecamatan Mesuji Timur.

Saat di tengah proses pemindahan logistik ke atas perahu, tiba tiba petugas Linmas yang membawa kotak suara terpeleset sehingga kotak suara pun terjatuh ke sungai Mesuji. Di tengah guyuran hujan yang sangat deras dan angin kencang petugas tetap tenang dan berusaha untuk mengamankan kotak suara yang terjatuh ke sungai dengan berenang dan petugas PAM berhasil mengamankan kotak suara tersebut.

Setelah kotak suara berhasil diamankan keatas perahu, petugas PAM melakukan pengecekan untuk memastikan tidak ada air yang masuk membasahi kotak suara. Setelah kotak suara Aman petugas PAM dan Petugas lainnya pun berangkat menuju kekantor PPK Kecamatan Mesuji Timur dengan menggunakan perahu melintasi sungai Mesuji. Pungkasnya. (Humas Polres Mesuji)

Acara simulasi di hadiri Dir Pamobvit Polda Lampung KOMBES POL Bryan Benteng, S.I.K, Wadir Lantas Polda Lampung AKBP Muhamad Ali, S.H, S.I.K, Selaku Pamatwil Di Kabupaten Mesuji, Kapolres Mesuji AKBP Ade Hermanto, S.H., S.I.K., CPHR, Kasi Datun Kejaksaan Negeri Mesuji Sudio S.H, Staf Ahli Bupati Kabupaten Mesuji Sakroni, S.Sos., M.I.P, Ketua Bawaslu Mesuji Deden Cahyono, S.Sos, Komisioner KPU Kabupaten Mesuji Eko Sumarsono, S.T, Kabag Ops Polres Mesuji KOMPOL Iwan Dharmawan, S.H., M.H, Danramil 426-01/SP Mayor Inf. Sutoto, Kabag Log Polres Mesuji AKP Dedi Yohanes, S.H, Kaban Kesbangpol Kabupaten Mesuji M. Taufiq Widodo, S.I.P., M.I.P, Para Kasat Polres Mesuji, Para OPD Kabupaten Mesuji, Para PPK Kecamatan Mesuji Timur, Para PPS Tanjung Mas Rejo Kecamatan Mesuji Timur, Perwakilan Senkom Kab. Mesuji, Perwakilan KPPS Desa Tanjung Mas Rejo, Para Tamu Undangan. (Humas Polres Mesuji).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *